My Articles‎ > ‎

Persiapan Menggunakan iTop (Bagian Pertama)

posted Dec 28, 2015, 8:05 PM by husniteja sukmana

Persiapan Implementasi iTOP (bagian pertama)

Sebelum membaca artikel ini, ada baiknya untuk melihat-lihat terlebih dahulu tulisan-tulisan sebelumnya agar mengetahui rentetan keinginan untuk melihat Indonesia bisa menerapkan manajemen layanan berbasis IT (IT Service Management). Sebagai panduan bagi rekan-rekan sekalian, tulisan ini akan mengulas persiapan penggunaan software iTop (salah satu ITSM tools). Untuk itu diperlukan sedikitnya pengetahuan mengenai konsep dari ITSM dengan menggunakan pendekatan ITILv3 dan panduan instalasi software iTop. Semua sudah saya coba tulis pada artikel-artikel sebelum ini.

Baiklah, sekarang saatnya untuk menyiapkan hal-hal mendasar untuk menggunakan iTop dalam rangka persiapan implementasi ITSM. Contoh penggunakan iTop ini, kami menggunakan studi kasus pada sebuah univesitas. Berikut hal-hal yang harus dipersiapkan:

1.      Struktur

Organisasi dari sebuah universitas bisa dibagi menjadi 2 organisasi, satu yang bersifat struktural dan satu lagi yang sifatnya fungsional. Contoh dari struktural mulai dari Biro (eselon 2) sampai Kasubag (eselon 4). Sedangkan yang sifatnya fungsional adalah Rektorat-Dekanat-sampai ke Program Studi. Agar persiapan untuk proses pengisian di iTop lebih cepat, buatlah tabel organisasi yang terdiri dari nama, kode organisasi, status, parent dan delivery model (lihat gambar dibawah ini).   Parent digunakan untuk struktural organisasi, sedangkan delivery model (untuk sementara bisa dikosongkan) digunakan untuk menentukan jenis service yang akan digunakan (misalnya standard support atau premium support). 



 

2.      Lokasi

Lokasi digunakan untuk menentukan siapa-siapa saja user, service provider, peralatan yang berada pada sebuah lokasi. Misalnya pada lokasi sebuah universitas terdapat 3 kampus, yaitu kampus 1, kampus 2 dan kampus 3. Maka kita bisa mendata lokasi-lokasi tersebut berdasarkan nama, status, organisasi apa saja yang bekerja disana, siapa kontak –user, service provider- dan peradalatan yang berada disana. Ada beberapa kasus lokasi ini dibuat lebih detail (misalnya per-gedung). Untuk kasus di buku ini, kita cukup melokalisasi sebuah universitas menjadi (sebagai contoh) memiliki 3 kampus utama, yaitu kampus 1 (beralamat di Jln.x), kampus 2 (alamat di Jln. y), dan kampus 3 berada di Jln. z). Dibawah ini contoh file excel yang harus disiapkan.


 

3.      User / Data pegawai

Semua pegawai yang akan menggunakan jasa layanan IT harus terdata, untuk kasus universitas semua staff dan dosen harus didata, selain itu mahasiswa sebagai main stakeholder juga harus di data. Ada beberapa kampus yang menyediakan layanan IT untuk orang tua mahasiswa, maka ada baiknya kalau memang diperlukan data orang tua juga di data.

Selain mendata user secara individu, kita juga harus bisa mengelompokkan user tersebut sesuai dengan fungsinya masing-masing. Pengelompokan ini disebut juga sebagai Team. Untuk melakukan pendataan silakan disiapkan data-data sesuai excel dibawah ini.

 


 

 

4.      Pendataan peralatan / device

Semua peralatan yang masuk dalam kategori layanan IT harus didata disini. Peralatan yang ada bisa kita kategorisasikan menjadi:

a)      Infrastruktur IT

Rak server, enclosure, server, peralatan network, storage, dan lain-lain

b)      Virtualisasi

Mesin virtual, hypervisor, dan lain-lain

c)      Peralatan yang dipakai user

Personal Computer, telephone PABX, mobile phone, printer, dan lain-lain

d)     Software dan aplikasi

Web server, db server, PC software, sistem aplikasi, dan lain-lain

e)      Dan lain sebagainya

Bisnis proses, SOP, dan lain-lain

Berikut contoh untuk pendataan Personal Komputer. Yang dibutuhkan adalah ownership dari PC tersebut, organisasi, dan lokasi. Selain tentunya data-data lain seperti: kapan waktu dibeli, tahun berapa, tipe OS, RAM, CPU dll.

 

 

ą
husniteja sukmana,
Dec 28, 2015, 8:05 PM
ą
husniteja sukmana,
Dec 28, 2015, 8:05 PM
ą
husniteja sukmana,
Dec 28, 2015, 8:05 PM
ą
husniteja sukmana,
Dec 28, 2015, 8:05 PM
Comments